Humber FA

Kepincut Humber lagi.

Kali ini ketika sedang jalan-jalan cari klithikan, mata tertatap pada sepeda jengki dengan kunci stang (itu yang paling mudah terlihat). Wah bukan jengki biasa nih. Setelah agak dekat, ternyata garpu depan kembar, ciri khas Humber. Mata langsung cari emblem, ternyata Humber beneran. Lho, ada juga toh Humber jengki. Baru tahu aku, he…he…he..

Agak penasaran, mata menatapi semua bagian sepeda, busyet…. ternyata nyaris full ori. Kali ini jatuh cinta pada Humber (lagi) bukan pada garpu yang double, tapi pada dudukan lampu yang ori Humber banget. Setelah dua tahun ngonthel, baru sekali ketemu dudukan seperti ini, bahkan di pasar klithikan pun belum pernah dapat.

Yang nggak asli ban, pompa (tapi udah dapet pompa Raleigh, terpisah), ruji belum sempat dipelototin apa ada ketrikan “R” apa nggak.

Dengan basa basi yang panjang, juga telpon istri dulu (berharap dia mau pakai) akhirnya Humber berpindah tangan, langsung tak genjot pulang 15 km-an.

Berikut sebagian gambarnya, semoga dapat menjadi referensi.

 

samping kiri 

 Tampak dari sisi kiri, seperti jengki biasa, yang membedakan (paling mudah dilihat) adalah kunci stang, yang kalo nggak salah jadi ciri sepeda Inggris.

emblem 

 Emblem Humber

trigger

Trigger persneleng Sturmey Archer (SA)

tromol

Tromol Persneleng 3 speed, Sturmey Archer, buatan tahun 1956 (?) digit puluhan agak gak jelas karena tertutup karat. Masih berfungsi bagus.

rantai persneleng

Rantai kecil untuk persneleng.

kunci stang

Kunci stang yang masih berfungsi dengan baik, bukan bandrek-an. Sebagian garpu double sebagai ciri khas Humber.

clamp rem

Clamp Handle rem, Raleigh Industries, kiri dan kanan.

handle rem

Handle Rem kanan masih ada ketrikan “SA” (sturmey Archer?), sayang yang kiri gak ada.

stang

Stang ada ketrikan no Patend

katengkast

Katengkast, masih lengkap dengan tutup lubang oli dari kuningan.

boncengan

Boncengan Five Ramps

dudukan lampu

Ini yang bikin kesengsem…. dudukan lampu Humber bangets. Belum pernah lihat dudukan seperti ini, termasuk juga yang sudah di pasar klithikan.

dinamo

Seperti biasa, lampu dan dinamo Bosch

belakang

Satu lagi yang beda, tidak terlalu prinsip sih. Besi pegangan slebor depan dan belakang setengah lingkaran dan pejal, alisa besi utuh. Sering saya menemukan besi pegangan ini plat melengkung, atau setengah bulat tapi kosong. Saya langsung “menuduh” mestinya memang besi pejal seperti ini……

Demikian untuk menjadi referensi para penggemar onthel (26″ termasuk onthel bukan ya….).

 

salam,

tri

Responses

  1. mas dimana seh tempat berburu humber?
    koleksinya OK punya

    • Mas,Sampean butuh pit onthel,aku punya 2 merk humber mau tak jual satu.. kalau mau call saya 08161362286..

  2. Mas dika1,
    Saya masih suka lihat di pasar sepeda.
    Jadi kemungkinan masih ada beberapa di dunia luar sana. Sepengetahuan saya populasi sepeda Inggris di Jawa Tengah masih banyak, tinggal tingkat ori-nya. mas dika1 posisi dimana?

  3. Tri,
    Sudah pernah berburu sepeda onthel ke daerah Prambanan, Kalasan dan sekitarnya? Di Yogya, khususnya daerah itu menurut mBok Jamu di kompleks saya itu masih banyak sepeda onthel. Cuma yang mBok Jamu ini tidak tahu mengenai merek dan tingkat orisinalitasnya.

  4. Iya Ded,
    memang daerah Prambanan belum pernah tak sambangi. baru jogja, godean, kutoarjo, kebumen dan sekitarnya. minggu wingi diajak nang solo tapi kok awang-awangen, he…he…he…
    thanks infonya.

  5. Salam kenal Mas Tri,sy br sj beli Humber CD,lg mulai nyari2 onderdil yg ori.Yg pertama sy pgn cari stang Humber,ada info Mas?nuwun

  6. mgkn kl pas selo kita bisa email2an Mas Tri.Alamat sy dimasrahoetomo@yahoo.com.

  7. wah mas tri, salut banget dengan ketelitian anda memilih sepeda berkualitas. beberapa saat lalu saya juga ditawari humber di toko sepedea jalan magelang km 4 yk, saya sendiri kurang ngerti keaslian sepeda itu seperti apa yang jelas, mekanik bengkel itu menawarkan dengan harga 2jt.

    Setelah membandingkan dengan foto-foto sepeda humber anda, saya kok agak sedikit yakin kalau yang ditawarkan itu tingkat originalnya dipertanyakan. hehehe…

    Btw,humber jengki itu beli berapa mas?

    Salam ontel

  8. Salam onthel juga mas Eddie,
    Terimakasih mas.
    ini yang namanya dapat rejeki, gak diduga-duga he..he..he…
    saya dapat sekitar 2 mas. Waktu aku cerita ama teman di jogja dia bilang juga murah, pasaran sekitar 2 lebih.

    Informasi saja,
    sepeda ini ternyata masih banyak kurangnya.
    pedal, walaupun yang ini nyeser banget dan tua, ternyata ada pedal dengan tulisan Humber di karetnya. Mestinya pedalnya spt itu kali ya….

    Salam onthel

  9. salam onthel saya punya humber brantakan memang dapatnya dari rongsokan ,cat tidak ori yg ori garpu,stang ,rem ,pleg,batang kondisi tidak jalan alias nambru mungkin ada yg minat ?

    • mas topik…
      saya minat tuh ama stang, garpu n velg humber nya.
      nih nmr tlp saya 081288351088

  10. salam knl mas tri,
    sy pemain baru didunia sepeda ontel.blm lm sy beli humber model laki.tp ko ga da kunci stang’a ya.kira 2 sepedaku ini asli pa palsu ya..nomor rangka AS 92107.mohon pencerahannya..trims..

  11. Waduh, maaf mas boomers humber (baby boomers)
    saya blm ahli soal persepedaan,
    tapi kalau saya lihat, browsing di internet, rata-rata sepeda turunan Raleigh, baik itu Humber ataupun Rudge ada kunci stangnya.
    Nah, gak tahu kalau yang versi lama bener.
    ada kutipan no rangka; 1950 = Serials “…..A?” through “…..AX” (Serials “…AV,” “…AW,” and “…AX” may stand for both a late 1950 model, or early ’51s built with frames built the previous year)
    jadi kalau memang betul, HUmber sampeyan mungkin buatan akhir 50 sampai awal 51
    Lepas dari itu semua, yang penting uenak di onthel mas.
    Selamat menikmati sepedanya.
    salam

  12. wah.. menarik sekali pak tri… full ori.. saya kepencut ki. Saya juga lagi nyari2 jengki buat istri, kebetulan beberapa hari ini saya lihat jengki humber wira-wiri. (berharap suatu saat ketemu lagi + mau dijual…hehehehe)
    Trus coba2 nanya om google buat cari referensi, ketemu sepedane njenengan… ternyata komplit..plit. Oya pak sedikit nanya nih.. klo seri jengki humber apa sama dengan penomoran pada humber kebo/onthel? trus sadel bawaan aslinya apa masih brooks seperti cirikhas humber?

    Salam

  13. wah saya jadi kepincut ,perbandingan aja saya jg punya humber jengki tapi stangnya kaya stang pit onthel kebo .apa memang ada ? atau mungkin bandrekan

  14. nambah dikit om tri alamat dimana? kapn 2 tak bawa sepeda saya kerumah boleh to?he.he he call saya 08156528798 semaki gede jogja

  15. saya mau jual fork/porok khas The Humber. original utuh copotan dari sepeda humber dames seri FA. Barangkali ada yg berminat silahkan sms ke 081931711059 thanks.

  16. Wah spedanya sama dengan punyaku,cuma warna punya saya hijau,hasil perburuan didaerah cirebon.salam kenal mas. Sekalian buat rekan2 yg tau ttg sepeda.saya punya satu koleksi sepeda merk giraffe.dames klo ada informasi sejarahnya mohon dibantu.thanks.agus jakarta

  17. bener mas ada spd humber jenki pakai stang ky spd kebo (uk roda 28)opsi rem nya jg ky spd kebo gak pakai kabel itu th tua mas,bwt mas agus msh ada satu nih humber jenki nya ketinggalan.081313129815

  18. di rumah saya ada Humber, juga, tapi tidak se-ori yang Bapak Punya. Yang punya minta bandrol 3jute, saya baru satu bulan ini kenal n tertarik mas ontel. Gimana, mas, apa harganya gak kemahalan?
    Bagaimana dengan harga Humber-nya, Mas???

  19. kerenz, thanks infonya, kebetulan saya dapet oleh2 dari kakek pas mudik lebaran kemaren sepeda ontel yang mirip seperti gambar di atas, salam kenal…

  20. Oleh-oleh yang sangat bagus.
    Selamat ngonthel . . . .

  21. Keeereeennn…

  22. gan, spedanya lamar saya 2jt nih 085715080040

  23. sepedanya sy lamar 2jt dah sampe gmn? 085715080040

  24. Sama Persis, tp mash bagus punyaane om…..qu iri neeee, :)

  25. Selamat siang, ikut gabung mas, dan kalau ada waktu silahkan mampir di situs kami http://pitkebo.weebly.com terimakasih

  26. mas aku punya ontel, di bawahnya ada sadel ada tulisan S 37967, kira2 merek apa ya???? kata orangr2 sih raleig, tp dah nggak ada emblemnya. ad kunci stang nya mas………. matur nuwun..

  27. mas aq juga punya Humber 22an no rangkany kok PK13121, itu kira2 kluarn thun brpa ya. Browsing2 di Internet tpi kok susah. Ada data pling speda Belanda….

  28. Salam ontel n salam kenal smuanya, saya baru mau nyoba senengin ontel smoga bermanfaat tuk refresing.

  29. Mohon tanya om masbro kalo frame ya aja merk The Mister trus stang Ramola yg lain2 campuran, kondisi dah 5tahun g dipakek enaknya brp harga yah…..? Thx ats infonya. Slm ontel sampek jauh

  30. aku jg punya tapi torpedo

  31. mas mau tanya saya punya sepeda merknya giraffe,buatan negara mana ya.trims

  32. Mau tanya brangkali ada yg punya stang humber jengki pake ketrikan relieg industri yg mau di jual hub 081323293333

  33. kalao misalnya di jual saya sangat minat,taufiq bojonegoro,08123429331

  34. alhamdulillah…sya sudah dapat…terima kasih ya Allah…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: